Tuesday, April 25, 2006

Berpikir Global, Bertindak Lokal

(Seminar Hari Lingkungan Hidup Internasional Kedua
Bersama Perwakilan Mahasiswa Internasional di Baden-Württemberg
Tgl. 29 Maret 2006 di Universitas Stuttgart)

Oleh Noni Telaumbanua

Sebuah negara tidak bisa dengan sendirinya menyelesaikan masalah-masalah iklim alam semesta. Akan tetapi (negara) bisa membentuk sebuah langkah awal dan mengatur lingkungan hidup dalam kesehariannya dengan benar“. (Tanja Gönner, Menteri Lingkungan Hidup di negara bagian Baden-Württemberg)

Pada pertemuan yang dihadiri oleh hampir seribuan perwakilan mahasiswa asing di negara bagian Baden-Württemberg, Jerman, setiap orang diinformasikan hal terkini dari situasi lingkungan hidup setiap belahan dunia baik melalui seminar, pemutaran film, proyek percontohan, wawancara, dan diskusi. Informasi yang bersifat penting untuk ditindaklanjuti oleh setiap peserta tidak tanggung-tanggung dibiayai oleh pihak pemerintah dan pihak sponsor, terlihat dari semua media informasi yang dibagikan kepada peserta dan dukungan akomodasi penuh, dimana yang pada hakikatnya sebenarnya bersifat „urgent“ pada negara maju khususnya Jerman sendiri. Belajar dari pengalaman negara yang sudah maju dan melihat bahaya yang mengintip planet bumi ini sudah sangat mengerikan, yakni ekstrimnya perubahan iklim yang mengakibatkan „kekacauan“ cuaca dan memicu bencana yang ironisnya menimpa negara dan wilayah miskin, maka setiap orang-siapa pun juga selayaknya diberi informasi, salah satu caranya adalah kepada seluruh mahasiswa asing yang sedang studi di Jerman yang terwakili di pertemuan akbar tahunan tersebut.

Selain sebagai sarana informasi masalah lingkungan hidup, pertemuan ini juga menjadi sarana yang menjembatani universitas di negara bagian ini untuk mempromosikan program-program studi bidang lingkungan hidup, promosi program-program lingkungan hidup yang telah berhasil dilaksanakan, promosi pihak sponsor tentunya (dalam hal ini bagaimana mereka mengelola limbah produksi, seperti pabrik BMW), sarana untuk mendapatkan masukan dari sesi tanya-jawab mengenai penatalaksanaan lingkungan hidup di Jerman, dan untuk mengikat kontak baru yang mungkin kelak bisa ditindaklanjuti.

Dengan melihat bahwa mahasiswa internasional yang sedang studi di Jerman mewakili tindakan praktis di negara asalnya, kelak bila mereka kembali ke negara masing-masing, pertemuan ini mengharapkan bahwa persepsi perlindungan lingkungan hidup ini secara keseluruhan bisa membuahkan kenyataan tindakan praktis di tempat mereka nanti bekerja atau tinggal.

Berikut adalah salah satu media informasi „Planet kita – gambaran secara keseluruhan“ berupa kumpulan poster kecil bersama artikel secara umum mengenai gambar yang ditampilkan. Pada foto ini, penulis hanya menyertakan catatan singkat saja.Planet Bumi, dilihat sebagai sumber daya alam untuk dipergunakan dan penampung semua hasil pemakaian dari sumber daya tersebut. Pelakunya adalah manusia.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home