Friday, August 11, 2006

JK Sindir Kantor Menristek dan LIPI

Kamis, 10 Agustus 2006

Wakil Presiden Jusuf Kalla menantang para peneliti di Indonesia untuk menciptakan teknologi yang lebih baik, murah dan mudah. Ia berharap setiap teknologi yang diciptakan bermanfaat.

Kalla menyampaikan hal itu dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-11 di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (10/8/2006).

Jika bicara soal teknologi, kata Kalla, yang paling penting adalah manfaat dari teknologi itu. Kalau teknologi tidak memberikan nilai tambah sama juga bohong. Sama halnya dengan menciptakan sesuatu yang mahal, tapi tidak ada gunanya.

"Jadi saya tantang kalau mau menyelamatkan presiden agar tidak didemo terus karena impor beras, cuma satu jawabannya, ciptakan bibit yang lebih pendek usianya dan lebih tinggi produksinya. Kalau masih impor beras terus apa gunanya lembaga riset di mana-mana," sindir dia.

Kalla juga menyindir kantor Menristek yang dinilainya mewah tapi tidak banyak hasil yang dikeluarkan.

"Ada LIPI tapi yang diketahui orang adalah pandangan politik dan kritiknya terhadap pemerintah. Saya mengira LIPI kepanjangannya Lembaga Ilmu Politik Indonesia, tapi ternyata Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, bukan ilmu politik," cetusnya.

Saat ini perkembangan teknologi yang tidak maju alasannya selalu karena kurang anggaran. Tapi bagaimana bisa maju jika teknologi tidak mampu menciptakan sesuatu yang efisien.(umi)

Sumber : detik.com (10 Agustus 2006)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home